Olahraga Aman Untuk Penderita Rematik

Olahraga Aman Untuk Penderita Rematik

Bagi penderita rematik, olahraga hal yang menakutkan. Padahal olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga sendi agar tetap sehat. Lalu, seperti apa olahraga yang aman untuk penderita rematik?

Nyeri pada sendi, badan terasa kaku, atau tulang seperti rontok menjadi pertanda seseorang alami Rheumatoid Arthritis (RA) atau yang juga kerap disebut rematik. Rematik sendiri merupakan suatu penyakit inflamasi sistemik yang kronik. Setiap orang memiliki gejala yang berbeda, namun gejala ini datang dengan samar-samar, seperti gejala awal pada nyeri otot dan tulang yang cepat berlalu termasuk kaku di pagi hari yang berlangsung beberapa minggu bahkan lebih tanpa menghasilkan diagnosis.
 
Banyak penderita rematik yang takut berolahraga. Padahal, olahraga sangat bermanfaat untuk melatih otot dan persendian. Berjalan kaki, berolahraga ringan, atau mengerjakan pekerjaan rumah  dapat membantu melatih otot dan sendi agar tidak semakin kaku. Renang juga bisa menjadi pilihan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), keluhan penderita rematik berkurang setelah melakukan hidroterapi atau berolahraga di dalam air hangat dibandingkan dengan latihan lainnya. 

Olahraga yang mengutamakan kelembutan dan keselarasan juga bisa menjadi pilihan bagi penderita rematik untuk berolahraga seperti yoga bahkan tai chi yang merupakan seni bela diri tradisional China. 

Namun, jangan melakukan olahraga yang  berat karena justru dapat menyebabkan cedera, hindari olahraga yang terlalu membebani lutut terutama ketika rematik jenis asam urat sedang kumat, seperti olahraga bulutangkis, voli, tenis, jogging atau bela diri. Lakukan olahraga dengan meminta pendapat dokter atau terapis terlebih dahulu, untuk mengetahui gerakan-gerakan yang terbaik dan apa gerakan yang harus dihindari.


Adalah Pilihan Tepat

Dengan olahraga teratur, Anda dapat mengurangi rasa sakit secara keseluruhan karena rematik. Namun memilih olahraga yang tepat adalah langkah yang bijak dan jangan lupa menggosokkan K-Ayuartis Oil kapan saja.




Selain berolahraga, memilh produk yang cocok untuk menjauhkan Anda dari penyakit rematik juga sangat dibutuhkan, yaitu dengan K-AyuArtis Oil.

K-AyuArtis Oil adalah minyak gosok yang dibuat menggunakan sistem obat tradisional yang dikenal sebagai Ayurveda. Minyak ini sangat mudah menembus ke dalam kulit, memberikan efek menenangkan dan sensasi hangatnya terasa sampai beberapa lapisan kulit.

K-AyuArtis oil dapat digunakan setiap saat, kapanpun diperlukan terutama disaat sebelum dan sesudah Anda berolahraga. Setelah olahraga dan apabila Anda merasakan nyeri, segera oleskan tipis merata di area tersebut dan gosok dengan lembut, manfaatnya akan segera terasa oleh jaringan sendi pada tubuh Anda.